PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Hasna Rofifah Muthi’ah, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL Di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020, pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL Di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020, dan pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL Di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 122 siswa kelas X AKL SMK YPKK 2 Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020 dan diambil sampel penelitian sebesar 95 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y sebesar 0,753 dan r2x1y sebesar 0,0520 ; 2) Terdapat pengaruh positif Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y sebesar 0,830 dan r2x2y sebesar 0,0713; dan 3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y sebesar 0,594 dan r2x3y sebesar 0,0640.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.