PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X SMKN 1 PURBALINGGA

Adinda Aisha Nurul Danni, Accounting Education, Yogyakarta State University
Dhyah Setyorini, Accounting Education Lecturer, Yogyakarta State University

Abstract


Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Partisipasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi dasar; (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dasar; dan (3) partisipasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dasar dengan t-statistik < t-tabel (1,124 < 1,983) dan nilai signifikansi sebesar 0,264 > 0,05; (2) motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dasar dengan nilai t-statistik > t-tabel (3.053 > 1,983) dan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05; (3) partisipasi siswa tidak memiliki penagruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dasar dengan nilai t-statistik < t-tabel (1,413 < 1,983) dan nilai signifikansi sebesar 0,161 > 0,05.

Kata kunci: prestasi belajar, efikasi diri, motivasi belajar, partisipasi siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.