PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN

Siti Afiyah, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Adeng Pustikaningsih, Staff Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Media Google Classroom Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classrom terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa dan mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang dipakai adalah penelitian jenis ex post facto. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan. Variabel kemandirian belajar siswa signifikan menjelaskan variabel terikat, yang artinya terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar.
Nilai konstanta diperoleh sebesar 9,703. Pembelajaran daring memiliki nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,252. Kemandirian belajar siswa memiliki nilai signifikan sebesar 0,016 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,155. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,420 atau sebesar 42%

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Kemandirian Siswa, Google Classroom


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.