PENGARUH MINAT MENJADI GURU, SIKAP KEGURUAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fifi Nur Afiva, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY, (2) pengaruh sikap keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY, dan (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntani FE UNY angkatan 2018 dan 2019 yang terdiri dari tahun ajaran 2018 terdapat 49 mahasiswa dan tahun ajaran 2019 terdapat berjumlah 51 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisoner/angket. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar FE UNY dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,307, nilai sig. 0,032 < 0,050 (2) terdapat pengaruh postif antara Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar FE UNY dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,432, nilai sig. 0,032 < 0,050 (3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,737, nilai sig. 0,00 < 0,050. Sumbangan relatif Minat Menjadi Guru sebesar 11,4%, sumbangan relatif Sikap Keguruan sebesar 18,3%, sumbangan relatif Lingkungan Keluarga sebesar 70,3%, dan sumbangan efektif sebesar 60,1%.

Kata kunci: Minat menjadi guru, sikap keguruan, lingkungan keluarga, kesiapan mengajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.