PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2021/2022 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya.Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya dapat meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2021/2022. Rata-rata Hasil Belajar pada pre test siklus I sebesar 60,77 meningkat menjadi sebesar 74,02 pada post test . Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar pada pre test sebesar 75,77 meningkat menjadi sebesar 92,2. Ketuntasan Hasil Belajar pada pre test siklus I adalah sebanyak 41% siswa lulus Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat menjadi 56% siswa lulus kriteria ketuntasan minimal pada post test. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada pre test adalah sebanyak 63 % siswa lulus Kriteria Ketuntasan Minima meningkat menjadi 100% siswa lulus kriteria ketuntasan minimal
Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi Dasar, Pembelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.