PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Vani Wahyudianti, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021, dan 3) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan thitung > ttabel (2,559 > 1,9835), nilai signifikansi < 0,05 (0,012 < 0,05), dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,540; 2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan thitung < ttabel (- 0,044 < 1,9835), nilai signifikansi > 0,05 (0,965 > 0,05), dan koefisien regresi bernilai negatif sebesar - 0,010; 3) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan thitung < ttabel (- 0,600 < 1,9835), nilai signifikansi > 0,05 (0,550 > 0,05), dan koefisien regresi bernilai negatif sebesar - 0,163; dan 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (2,716 > 2,693721), dan nilai signifikansi < 0,05 (0,049 < 0,05). Besarnya kontribusi variabel Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar sebesar 7,40%, sedangkan sisanya sebesar 92,60% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.