PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH, FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ADMINISTRASI PAJAK
Amanita Novi Yusitha, Staff Pengajar Jurusan P. Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosobo 2020/2021; 2)Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosobo 2020/2021; 3) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosobo 2020/2021; 4) Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Fasilitas Belajar di Rumah dan Efikasi Diri bersama-sama terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosobo 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Wonosobo sebanyak 159 peserta didik. Teknik pemilihan sample menggunakan proportional random sampling dengan jumlah 110 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prayarat yang dilakukan adalah uii normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda
Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Peserta Didik tentang Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,401 dan nilai sig 0,044; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,923 dan nilai sig 0,000; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Penguasaan Konsep Pajak dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,357 dan nilai sig 0,043 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Peserta Didik tentang Pembelajaran Jarak Jauh , Fasilitas Belajar di Rumah dan Efikasi Diri bersama-sama terhadap Penguasaan Konsep Administrasi Pajak dibuktikan dengan F hitung 56,283 dan nilai sig 0,000. Koefisien determinasi sebesar 0,614 atau 61,4%
Kata kunci: Persepsi Peserta Didik tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Fasilitas Belajar di Rumah, Efikasi Diri, Penguasaan Konsep Administrasi Pajak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.