PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHSISWA
Amanita Novi Yushita, Teaching Staff of Department of Accounting Education, Yogyakarta State University
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Stres Akademik; (2) Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik; (3) Pengaruh Dukungan Sebaya Terhadap Stres Akademik. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto sebagai metode penelitian. Penelitian ini memiliki 367 populasi dan 192 sampel berasal dari mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ekonomi UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment sebagai uji validitas dan Cronbach Alpha sebagai uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan: (1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Stres Akademik dengan nilai t hitung sebesar 2,956 dan nilai signifikansi 0,004; (2) Self-efficacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Stres Akademik dengan t hitung 2,018 dan nilai signifikan 0,045; (3) Dukungan Peer Group berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres akademik mahasiswa dengan t hitung sebesar 2,087 dan nilai signifikansi sebesar 0,038; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar, efikasi diri, dan dukungan teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa dengan nilai F hitung sebesar 29,808 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Dukungan Teman Sebaya, Stres Akademik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.