PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Alvia Nur Astuti, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu tahun pelajaran 2020/ 2021; 2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu tahun pelajaran 2020/ 2021; 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu tahun pelajaran 2020/ 2021; 4) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu tahun pelajaran 2020/ 2021.

Peneliti menggunakan metode penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini sebesar 98 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2020/ 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga, serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu dibuktikan dengan  sebesar 0,616 dan  sebesar 0,379 serta signifikansinya 0,000; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel perhatian orang tua terhadap motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu dibuktikan dengan  sebesar 0,571 dan  sebesar 0,326 serta signifikansinya 0,000; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu dibuktikan dengan  sebesar 0,702 dan  sebesar 0,493 serta signifikansinya 0,000; 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama variabel keterampilan mengajar guru, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Semanu dibuktikan dengan hasil koefisien R adalah 0,750 sedangkan R² sebesar 0,563.

Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Lingkungan Teman

Sebaya, Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.