DIGITAL POP-UP BOX ACCOUNTING BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERBANKAN DASAR
Adeng Pustikaningsih, Staf Pengajar Jurursan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Digital Pop-up Box Accounting Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Perbankan Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality sebagai media pembelajaran Perbankan Dasar untuk siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality berdasarkan penilaian/validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi; (3) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel terhadap media pembelajaran Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, namun hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 28 siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Media Pembelajaran Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE; 2) Kelayakan media pembelajaran Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,77 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”; ahli media diperoleh rata-rata skor 4,14 yang termasuk dalam kategori “Layak”; praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,16 yang termasuk dalam kategori “Layak”; 3) Penilaian siswa kelas X Akuntansi dan Lembaga Keuangan 1 SMK Negeri 1 Tempel terhadap penggunaan media pembelajaran Digital Pop-up Box Accounting berbasis Augmented Reality memperoleh rata-rata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Digital Pop-up Box Accounting, Augmented Reality, ADDIE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.