PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK NEGERI 1 TEMPEL
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI SMK Negeri 1 Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020, 2) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020, 3) pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020, 4) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian sebesar 94 siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda untuk hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,375 dan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,453 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,342 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Kebiasaan secara bersama-sama Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai Ry(1,2,3) sebesar 0,710, R2y(1,2,3) sebesar 0,504 dan Fhitung> F tabel sebesar 30,476 > 2,71.
Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.