PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI BIMBINGAN BELAJAR ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK

Annisa Raraswati, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Bimbingan Belajar Online terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik yang mendapatkan materi belajar akuntansi di sekolah sekaligus menggunakan aplikasi bimbingan belajar online yang bersekolah di SMA/K di wilayah Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian diambil dari satu sekolah negeri (SMA Negeri 6 Yogyakarta) dan satu sekolah swasta (SMA Swasta BOPKRI 1 Yogyakarta). Sebanyak 64 peserta didik dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan Aplikasi Bimbingan Belajar Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai koefisiensi korelasi (rxy) sebesar 0,874, koefisiensi determinasi (r2xy) sebesar 0,764 dan thitung sebesar 14,179 ≥ ttabel sebesar 1,999 dengan taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Aplikasi Bimbingan Belajar Online


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.