PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SPREADSHEET

Jibran Febriano, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet siswa kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Peneltiain ini merupakan penelitian ex-post-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi, yaitu 69. Uji Prasyarat Analisis dalam penelitian ini adalah Uji Linearitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Heteroskedatisitas. Pengujian Hipotesis Pertama, Kedua, dan Ketiga menggunakan Analisis Regresi Sederhana, sedangkan Pengujian Hipotesis Keempat menggunakan Analisis Regresi Ganda. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi rx1y (0,397); koefisien determinasi r2x1y (0,157). 2) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi rx2y (0,430); koefisien determinasi r2x2y (0,185). 3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi rx3y (0,353); koefisien determinasi r2x3y (0,125), dan 4) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi Ry(1,2,3) (0,497); koefisien determinasi R2y(1,2,3) (0,247); dan  Fhitung 7,101 >  Ftabel 2,745, pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata kunci : Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Pretsasi Belajar, Spreadsheet, SMK Negeri 1 Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.