PENGEMBANGAN MODUL PENGELOLAAN KARTU ASET TETAP BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) BAGI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DEPOK

Fatwaning Raras Pawestri, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengembangan Modul Pengelolaan Kartu Aset Tetap Berbasis Augmented Reality (AR) Bagi Siswa  Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan Modul Pengelolaan Kartu Aset Tetap berbasis Augmented Reality (AR) yang diberi nama “Step_Reality”; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Akuntansi “Step_Reality”; 3) Mengetahui penilaian kelayakan ahli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE, namun diketahui penelitian hanya sampai tahap implementasi karena dilakukan secara online menyebabkan peneliti tidak dapat mengontrol variabel lain di luar penelitian. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Depok dengan objek penelitian yaitu pengembangan dan penilaian kelayakan  modul pengelolaan katu aset tetap berbasis Augmenteed Reality (AR). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan 1) Pengembangan  modul   metode ADDIE; 2) kelayakan Modul berupa Step Reality berdasarkan ahli memperoleh skor 3,46 yang terdiri dari ahli materi 3,73, ahli media 3,62, ahli praktisi 3,46; 3) kelayakan respon pengguna kelompok kecil 3,15 dan kelompok besar 3,28 dengan katagori  “sangat baik”.

Kata kunci: Media pembelajaran, Augmented Reality (AR), Modul “Step_Reality”,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.