PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI.
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020, 3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020, 4) Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 144 siswa dan sampel penelitian ini adalah 108 siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Teknik analisi yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga, serta analisis regresi berganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan rx1y sebesar 0,489 dan r2xiy sebesar 0,239. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan rx2y sebesar 0,452 dan r2x2y sebesar 0,204. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan rx3y sebesar 0,610 dan r2x3y sebesar 0,372. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan Ry(1,2,3) sebesar 0,733 dan R2y(1,2,3) sebesar 0,537.
Kata kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.