IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Septya Maharrani, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X AKL melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu adanya peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi Dasar dari siklus I ke siklus II menjadi ≥75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2019/2020 dengan peningkatan dari siklus I 69,02% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II, atau meningkat sebesar 18,48%.

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Aktivitas Belajar Akuntansi Dasar, Jigsaw.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.