EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Aditya Putra Pratama, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran TAI Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa peserta didik akuntansi keuangan lembaga kelas X AKKL di SMK N 1 Yogyakarta yang menerapkan dan tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Control Group. Populasi penelitian ini berjumlah 69 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dengan teknik observasi  dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pada Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa peserta didik akuntansi keuangan lembaga kelas X AKKL di SMK N 1 Yogyakarta yang menerapkan dan tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: model pembelajaran TAI, aktivitas belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.