FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Devi Putri Hariningtyas, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa terhadap Metode Pengajaran Guru, Lingkungan Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan ex post facto dengan populasi 122 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020. Uji asumsi klasik terdiri dari uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Guru harus memperhatikan ketiga faktor ini karena ketiganya terbukti mampu meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa secara optimal.

 

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.