PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Aditya Sulistiyawan, Prodi Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh (1) Kecerdasan Emosional, (2) Perilaku Belajar, (3) Kecepercayaan Diri terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa Akuntasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Responden ini adalah Mahasiswa Akuntansi FE UNY yang sudah menempuh mata kuliah Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah 1, Sistem Akuntansi, Akuntansi UMKM, Akuntansi Pajak, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan 1, Sistem Informasi Akuntansi, Pengauditan 1, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Lanjutan 2, Pengauditan 2, dan Teori Akuntansi. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Kepercayaan Diri secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan nilai F hitung = 2,050 < F tabel = 2,740 dengan nilai signifikansi (0,115>0,05).  

 

Kata Kunci: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, Tingkat Pemahaman Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.