IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI DALAM KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS X 1 AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Erna Wahyuni, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs 6 Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi Dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket,  catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Skor rata-rata Kemandirian Belajar Akuntansi siswa meningkat dari siklus I sebesar 70,52% ke siklus II sebesar 85,85% berdasarkan hasil observasi dan dari siklus I sebesar 74,31% ke siklus II sebesar 79,84% berdasarkan hasil angket. Terdapat lima indikator Kemandirian Belajar Akuntansi dalam penelitian ini dan kelima indikator tersebut telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan peningkatan rata-rata dan peningkatan pada setiap indikator Kemandirian Belajar Akuntansi tersebut, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini yang berbunyi “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 dapat meningkatkan Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas X 1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019” dinyatakan diterima.

 

Kata kunci: Kemandirian Belajar Akuntansi, Problem Based Learning (PBL), Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.