IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 5 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Yuni Puspitasari, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Denies Priantinah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 5 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 5 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan adalah tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian. Nilai rata-rata kelas dari hasil post-test siklus I ke siklus II yaitu dari 69,64 menjadi 81,73 atau meningkat sebesar 12,09. Ketuntasan belajar siswa dari hasil post-test siklus I ke siklus II yaitu dari 53,57% meningkat menjadi 88,46%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 34,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 5 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.