PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XProgram Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 96 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,231; r2x1y = 0,045; 2) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,202; r2x2y = 0,041; 3) Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,231; r2x3y = 0,054; 4) Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai Ry(123)= 0,290; R2y(123) = 0,841 dengan total sumbangan efektif 8,40% yang artinya Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Dasar sebesar 8,40% dan 91,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Motivasi, Teman Sebaya, Persepsi Kinerja Guru, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.