PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2015 FE UNY

Rifa Solichah, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Prestasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY, 2) Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY, 3) Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 FE UNY sebanyak 68 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,287 dan r2x1y = 0,082, 2) terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,132 dan r2x2y = 0,017, 3) terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan S2 pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 FE UNY yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) = 0,294 dan R2y(1,2) = 0,087. Nilai Sumbangan Relatif X1 = 94%, X2 = 6%, dan total Sumbangan Efektif yaitu 8,7%. Hasil dari penelitian ini yaitu diharapkan mahasiswa Pendidikan Akuntansi memiliki minat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (S2).

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Pendidikan S2.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.