IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU APLIKASI SMART ACCOUNTING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Miftah Nur Rohmah, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Aplikasi Smart Accounting Berbasis Android.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar pada penelitian ini yaitu Jurnal Penyesuaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Aplikasi Smart Accounting Berbasis Android dapat meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dapat ditunjukkan dengan skor Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian berdasarkan observasi meningkat sebesar 12,78% dari skor siklus I sebesar 83,65% menjadi 96,43% pada siklus II serta persentase ketuntasan Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian per individu meningkat sebesar 15,38% dari siklus I sebesar 84,62% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan angket, skor Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian meningkat sebesar 8,65% dari skor siklus I sebesar 73,97% menjadi 82,62% pada siklus II serta persentase ketuntasan Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian per individu meningkat sebesar 30,77% dari siklus I sebesar 69,23% menjadi 100% pada siklus II. Seluruh indikator Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian yang diukur mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor peningkatan antara 2,56% sampai dengan 28,57% (observasi) dan antara 6,25% sampai dengan 11,74% (angket).

Kata Kunci: Motivasi Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Aplikasi Smart Accounting Berbasis Android

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.