PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta; (2) Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta; (3) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta; (4) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,751; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,564; (2) Terdapat pengaruh positif Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,564; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,318; (3) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,568; koefisien determinasi r2x3y sebesar 0,322; (4) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3) sebesar 0,765; koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,585. Sumbangan efektif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar sebesar 56,4%.
Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.