PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN APLIKASI RANGKUMAN MATERI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2017/2018
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolabotarif antara guru mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi dengan peneliti untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2017/2018, ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai skor minimal Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum sebesar ≥15 pada siklus I sebanyak 8 siswa meningkat menjadi 20 siswa pada siklus II yang telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu sebanyak ≥17 siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi, Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.