IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA

Irena Puspitaningrati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (2) meningkatkan Kekatifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket atau kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci:    Motivasi Belajar, Keaktifan Siswa, Team Accelerated Instructions (TAI)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.