PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2017/2018

Atika Nur Izdiha, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (4) Pengaruh Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini termasuk Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 91 Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon. Teknik Pengumpulan Data dilakukan melalui dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data jumlah siswa dan data Prestasi Belajar Akuntansi, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji linearitas dan uji multikolinearitas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan analisis regresi ganda tiga prediktor digunakan untuk menguji hipotesis keempat.

Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y 0,730 dan r2x1y 0,533 (2) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx2y 0,515 dan r2x2y 0,266. (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx3y 0,579 dan r2x3y 0,336. (4) Terdapat pengaruh positif  Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan Ry(1,2,3) sebesar 0,814 dan R2y(1,2,3) sebesar 0,662.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.