PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Santi Soraida, Pendidikan Akuntansi Universias Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; (2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; dan (3) Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx1y=0,851; r2x1y=0,724; Y=1,394 X1 + 40,111. (2) terdapat penaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestai Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx2y=0,645; r2x2y=0,416; Y=0,863 X2 + 41,266. (3) terdapat pengaruh positif Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan Ry(1,2)=0,864; R2y(1,2)=0,747. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 74,73%dan masih ada 25,27% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.