PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SUMBER BELAJAR, DAN INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017

Nansisca Eka Arzita, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Sumber Belajar dan Interaksi Guru dan Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y=0,758; r2x1y=0,574; thitung>ttabel (11,263>1,66123); terdapat pengaruh positif Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx2y=0,691; r2x2y=0,477; thitung>ttabel (9,255>1,66123); terdapat pengaruh positif Interaksi Guru dan Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y=0,741; r3x3y=0,549; thitung>ttabel (10,698>1,66123); terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Sumber Belajar, dan Interaksi Guru dan Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan  = 0,853;  =0,727; Fhitung>Ftabel (81,648> 2,70).

                                                                                                 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Sumber Belajar, Interaksi Guru dan Siswa. Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.