PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Rizka Ardistya, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Uji prasyarat dengan uji linearitas, uji Multikolinearitas. Teknik analisis data digunakan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan  = 0,364,  = 0,132,  2,707 >  2,011, terdapat pengaruh positif Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan   = 0,322,  = 0,104,  2,356 >  2,011, terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan = 0,337, = 0,114,  2,480 >  2,011, terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Lingkungan  Sekolah  secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan = 0,459, = 0,211,  4,099 >  2,806.

                                                                                                 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.