PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Bayu Prayogo Tiono, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis, Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rx1y = 0,431; r2x1y= 0,185; thitung (3,407) > ttabel (2,010); Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rx2y = 0,398; r2x2y = 0,158; thitung (3,094) > ttabel (2,010); Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rx3y = 0,576; r2x3y = 0,332; thitung (5,029) > ttabel (2,010); Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, Ry(1,2,3) = 0,606; R2y(1,2,3)  = 0,367; Fhitung (9,482) > Ftabel (1,593).

                                                                                                 

Kata kunci:     Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.