ANALISIS SOAL TES ASESMEN MADRASAH BAHASA INDONESIA KELAS VI MENGGUNAKAN TEORI RESPON BUTIR

Mazidah Azzahra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model yang paling cocok dan mengetahui karakteristik butir-butir soal dalam teori respon butir (IRT) dengan perangkat tes kemampuan siswa pada Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Indonesia Kelas VI. Data yang digunakan adalah data dikotomi berupa hasil jawaban AM Bahasa Indonesia Kelas VI yang ada di beberapa madrasah di Kabupaten Wonosobo sebanyak 35 butir soal dengan total 355 siswa. Dilakukan estimasi parameter butir dengan memilih model terbaik di antara model Rasch, 1PL, 2PL, 3PL, dan 4PL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model 2PL merupakan model terbaik pada penelitian ini karena memiliki jumlah soal cocok paling banyak yaitu 33 soal, (2) Uji asumsi pada penelitian ini terpenuhi, (3) Hasil perhitungan karakteristik daya beda (a) menunjukkan terdapat 1 butir soal yang kurang baik, sedangkan 34 butir soal lainnya sudah baik. Hasil perhitungan karakteristik tingkat kesulitan butir (b) menunjukkan terdapat 3 butir soal yang kurang baik, sedangkan 32 butir soal lainnya sudah baik. Hasil pengujian berdasarkan model 2PL IRT menunjukkan terdapat 4 butir soal kurang baik dan 31 butir soal sudah baik.

References


Astuti, H. L. (2019). Analisis soal tes penilaian akhir semester fisika kelas x menggunakan teori respon butir. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id.

Baker, F. B., & Kim, S.-H. (Eds.). (2004). Item Response Theory: Parameter Estimation Techniques, Second Edition (2nd ed.). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781482276725.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch model: Fundamental measurement in the human sciences (3rd ed.). Routledge/Taylor & Francis Group.

Chalmers, R. P. (2012). mirt: A multidimensional item response theory package for the r environment. Journal of Statistical Software, 48(6), 1-29. https://doi.org/10.18637/jss.v048.i06.

De Ayala, R. J. (2008). The theory and practice of item response theory. The Guilford Press.

DeMars, C. (2010). Item Response Theory: Understanding Statistic Measurement. New York: Oxford University Press, Inc.

Embretson, S. E., & Reise, S. P. (2000). Item response theory for psychologists. London: Lawrence Erlbaum Assciates Publishers.

Hambleton, R. K., & Swaminathan, H. (1985). Item response theory. Boston, MA: Kluwer.

Hambleton, R. K., & van der Linden, W. J. (1982). Advances in item response theory and applications: An introduction. Applied Psychological Measurement, 6(4), 373-378.

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., dan Rogers, J. (1991). Fundamentals of item response theory. London: Sage Publications.

Hancock, G. R., & Mueller, R. O. (Eds.). (2013). Structural equation modeling: A second course (2nd ed.). IAP Information Age Publishing.

Kassambra, A., Mundt, F. (2020). factoextra: Extract and visualize the results of multivariate data analyses. R package version 1.0.7. https://CRAN.R-project.org/package=factoextra.

Le, S., Josse, J., Husson, F. (2008). FactoMineR: An r package for multivariate analysis. Journal of Statistical Software, 25(1), 1-18. https://doi.org/10.18637/jss.v025.i01.

Mulvia, R., Ramalis, T.R., & Efendi, R., (2021). Mendeteksi keajegan butir tes dengan fungsi informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 72-84. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.66.

R Core Team. 2022. R: A language and environment for statistical computing. Vienna, Austria: R Foundation for Statistical Computing. https://www.R-project.org/.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya: untuk peneliti, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rizopoulos, D. (2006). Itm: An r package for latent variable modelling and item response theory analyses. Journal of Statistical Software, 17(5), 1-25. URL http://www.jstatsoft.org/v17/i05/.

Rosseel, Y. (2012). lavaan: An r package for structural equation modeling. Journal of Statistical Software, 48(2), 1-36. https://doi.org/10.18637/jss.v048.i02.

Setiawati, M. N., Purwanto, & Ramalis, T., R. (2022). Analisis parameter tes penilaian akhir semester fisika kelas x dengan teori respon butir. Wahana Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i1.43089.

Susilo, dkk. (2021). Teori asesmen dalam pembelajaran bahasa. Surabaya: Global Aksara Pres.

Syafii, A., dkk. (2021). Analysis of items with item response theory (IRT) approach on final assessment for Al-Quran hadith subjects. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 167-194. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-09.

Wardhani, N. S. (2024). Perbandingan kecocokan model analisis butir data dikotomi dengan teori respon butir. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Willse, J. T. (2018). CTT: Classical test theory functions. R package version 2.3.3. https://CRAN.R-project.org/package=CTT.

Zainul, A., & Nasoetion. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jssd.v3i1.22498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Statistika dan Sains Data

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9649

Creative Commons LicenseJurnal Statistika dan Sains Data by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jssd is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 JSSD Statistics