PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA
I Made Sukarna, , Indonesia
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan (2)
mengetahui kualitas lembar kerja siswa berbasis student centered untuk
pembelajaran kimia pada materi kesetimbangan kimia sebagai sumber belajar
peserta didik kelas XI SMA/MA.
Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu
model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti
untuk menghasilkan produk. Produk awal lembar kerja siswa pada materi
kesetimbangan kimia ditinjau oleh dosen pembimbing sebagai ahli materi dan ahli
media dan tiga orang peer reviewer dari jurusan pendidikan kimia 2012 yang
memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk awal ini. Hasil revisi
produk tersebut kemudian dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku
reviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen
penilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspek
kelayakan lembar kerja siswa, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek kegrafisan.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah lembar kerja siswa berbasis
student centered pada materi kesetimbangan kimia yang terdiri dari empat materi
pokok. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor
rata-rata 130,20, sehingga lembar kerja siswa ini layak digunakan sebagai sumber
belajar peserta didik kelas XI SMA/MA.
mengetahui kualitas lembar kerja siswa berbasis student centered untuk
pembelajaran kimia pada materi kesetimbangan kimia sebagai sumber belajar
peserta didik kelas XI SMA/MA.
Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu
model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti
untuk menghasilkan produk. Produk awal lembar kerja siswa pada materi
kesetimbangan kimia ditinjau oleh dosen pembimbing sebagai ahli materi dan ahli
media dan tiga orang peer reviewer dari jurusan pendidikan kimia 2012 yang
memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk awal ini. Hasil revisi
produk tersebut kemudian dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku
reviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen
penilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspek
kelayakan lembar kerja siswa, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek kegrafisan.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah lembar kerja siswa berbasis
student centered pada materi kesetimbangan kimia yang terdiri dari empat materi
pokok. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor
rata-rata 130,20, sehingga lembar kerja siswa ini layak digunakan sebagai sumber
belajar peserta didik kelas XI SMA/MA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i5.4577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia