PENERAPAN FLIPPED-COMMON KNOWLEDGE CONSTRUCTION MODEL BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENGEMBANGKAN ELEMEN BERNALAR KRITIS DAN BERKEBHINEKAAN GLOBAL SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA
Antuni Wiyarsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif dan sikap berkebhinekaan global peserta didik pada pembelajaran flipped-common knowledge construction model (F-CKCM) bermuatan etnosains dan pendekatan saintifik pada materi ikatan kimia secara terpisah, (2) menganalisis level hasil belajar kognitif, sikap berkebhinekaan global dan keterampilan bernalar kritis peserta didik setelah penerapan pembelajaran F-CKCM bermuatan etnosains pada materi ikatan kimia.
Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only. Jumlah sampel 144 siswa kelas X. Instrumen pengambilan data berupa angket sikap berkebhinekaan global, lembar penilaian bernalar kritis, dan tes hasil belajar kognitif. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran F-CKCM bermuatan etnosains materi ikatan kimia dan kelas kontrol melalui pendekatan saintifik. Data hasil belajar kognitif dan sikap berkebhinekaan global dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan analisis kategori penilaian ideal untuk level tiap variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kognitif peserta didik antara kedua kelas. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari sikap berkebhinekaan global peserta didik antara kedua kelas. (3) sebagian besar peserta didik pada kelas eksperimen memiliki hasil belajar kognitif dan keterampilan bernalar kritis sangat baik serta sikap berkebhinekaan global yang baik. Penerapan model pembelajaran F-CKCM menawarkan alternatif bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran IPA terintegrasi etnosains untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Journal of Innovative Science Education (JISE), 6(1), 116–128. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Darmawanti, T., Suhartana, & Widodo, D. S. (2010). Pengolahan limbah cair industri batik dengan metoda elektrokoagulasi menggunakan besi bekas sebagai elektroda. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 13(1), 18–24.
Eilks, I., & Hofstein, A. (2015). Relevant chemistry education - from theory to practice (Issue June). https://doi.org/10.1007/978-94-6300-175-5
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2020). Analisis profil pelajar pancasila elemen bernalar kritis dalam modul belajar siswa literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar yurike. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Haka, N. B., Sari, L. K., Supriyadi, Handoko, A., Hidayah, N., & Masya, H. (2023). RICOSRE-Assisted learning with podcasts in biology education: enhancing analytical thinking and communication skills. Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning (J-HyTEL), 1(1), 16–23.
Haydari, V., & Costu, B. (2021). The effect of common knowledge construction model-
based instruction on 5th grade students’ conceptual understanding of biodiversity. Journal of Education in Science, Environment and Health, 7(3), 182–199. https://doi.org/10.21891/jeseh.840798
Hidayati, N., Zubaidah, S., Suarsini, E., & Praherdhiono, H. (2020). The relationship between critical thinking and knowledge acquisition: the role of digital mind MAPS-PBL strategies. International Journal of Information and Education Technology, 10(2), 140–145. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.2.1353
Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2019). Online interaction in social learning environment towards critical thinking skill: a framework. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 4–12. https://doi.org/10.3926/jotse.544
Kemendikbud Ristek. (2022). Dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(2), 126-135 https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Oktaviany, D. N., & Majid, A. (2017). Penggunaan model pembelajaran conceptual change untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep ikatan kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia.
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/520%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/download/520/315
Pan, H.-L.W., Hung, J.-H., & Bai, H. (2023). Lesson study and constructivist pedagogy: teacher learning power matters in the mediation model. International Journal for Lesson and Learning Studies, 12(3), 226–239. https://doi.org/10.1108/IJLLS-04-2023-0033
Patandean, R. Y., & Indrajit, E. R. (2021). Flipped classroom: membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Yogyakarta: Penerbit Andi
Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh
proyek profil pelajar pancasila terhadap karakter bernalar kritis peserta didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718
Rahayu, S. (2020). Socioscientific issues : manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman konsep socioscientific issues : manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman konsep sains , nature of science (NOS) dan higher order thinking skills (HOTS). Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA, October, 2. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004
Ramadanti, S. K., & Supardi, K. I. (2020). Pengaruh model problem
based learning terintegrasi etnosains terhadap pemahaman konsep
materi redoks siswa MA Negeri Blora. Chemistry in Education, 9(1), 16–22. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Ramli, M., Saridewi, N., Budhi, T. M., & Suhendar, A. (2022). Kimia SMA/MA kelas XI. Kemendikbud Ristek.
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201
Wijayanto, P. S., Setiawan, W., Wahyudin, & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media youtube (podcast) dengan metode pembelajaran pendidikan jarak jauh pada materi komputer dan jaringan dasar di SMKN 3 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 50–62. https://doi.org/10.17509/jgrkom.v1i1.29527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia