DESAIN DAN UJI COBA E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI STRUKTUR ATO

Yulfani Irawan Adha, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Arif Yasthophi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran atau bahan ajardalam membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk mendisain sebuah media pembelajaran berupa E-LKPD berbasisPendekatan SETS ((Science, Environment, Technology, And Society) serta untuktingkat kevalidan dan kepraktisan dari suatu media pembelajaran E-LKPD ini.Selain itu uji coba kepada peserta didik juga dilakukan untuk mengetahui responpeserta didik terhadap media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis PendekatanSETS ((Science, Environment, Technology, And Society) Pada materi StrukturAtom Penelitian ini menggunakan metode Research and development (R&D)dengan suatu model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu (1)tahapan analyze, (2) tahapan design, (3) tahapan development, (4) tahapanimplementation, (5) tahapan evaluation. Uji lapangan awal dilakukan di SMANegeri 2 Tambang terhadap siswa kelas X MIPA 2 yang sudah mempelajari materiStruktur Atom dikelas X. Hasil validasi ahli media dan ahli materi memperolehnilai sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru diperoleh nilaisebesar 88% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon siswa memperoleh hasilsebesar 88% dengan kriteria sangat praktis.Kata kunci : Media Pembelajaran, E-LKPD, Pendekatan SETS ((Science,Environment, Technology, And Society) , Struktur Atom.

Full Text:

PDF

References


Ariq, Muhamad Iqbal, and Herlina Fitrihidajati. 2021. “Validitas E-Lkpd Ekosistem Berbasis Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA.” Jurnal Unesa 10(3): 562–71.

Arofah, Rahmat, and Hari Cahyadi. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.” Education Journal 3(1): 35–43.

Arum Farkhati, Sri Susilogati Sumarti. 2019. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-Lkpd Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa.” Chemistry in Education 8(2): 24–28.

Asmiyunda, Asmiyunda, Guspatni Guspatni, and Fajriah Azra. 2018.

“Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan

Saintifik Untuk Kelas XI SMA/ MA.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 2(2): ISSN : 2614-1221.

Damayanti, Dhika Rizqi, Agung Nugroho, S Catur, and Sri Yamtinah. 2014. “Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Disertai Hierarki Konsep Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013 / 2014.” 3(4): 118–25.

Drs. Muhammad Ramli, M.Pd. 2012. Media Dan Teknologi Pembelajaran. IAIN ANTASARI PRESS.

Ernica, Santri Yuli, and Hardeli. 2019. “Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik.” Journal of Multidicsiplinary Research and Development 1(4): 812–20.

Komariah, S, N Azmi, and R Y Gloria. 2015. “… Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep ….” Scientiae Educatia: Jurnal … 5.

Mahartika, I. 2018. “Implementasi Media Pembelajaran Hidrokarbon Berorientasi Chemistry Triangle Pendidikan Kimia , Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan , UIN Suska Riau Email : Ira.Mahartika@uin-Suska.Ac.Id Abstract.” 2(2): 89–94.

Miftakhul, Novia, Mimma Aprilda, and Ade Kusmana. 2021. “Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL Pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4(3): 434–42.

Nalarita, Yulia, and Tomi Listiawan. 2018. “Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon.” Multitek Indonesia 12(2): ISSN : 1907-6223.

Pawestri, Elok, and Heri Maria Zulfiati. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6(3).

Rahma, Fatikh Inayahtur. 2019. “MEDIA PEMBELAJARAN ( Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar ).” 14(2): 87–99.

Riwu, Rafael, I Wayan Budiyasa, and I Gusti Ayu Rai. 2018. “Penerapan Pendekatan SETS ( Science , Environment , Technology , and Society) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa.” Emassains VII(2): 162–69.

Sapriyah. 2019. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 470–77.

sukarna, suddin, Sut, and Arno. 2019. “3. ” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 70(8): 827–38.

Turdjai. 2016. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Triadik 15(2): 17–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/download/2865/1373.

Utami, Budi et al. 2009. Kimia Untuk SMAN Kelas X BSE.

Yuniastuti, Euis. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2015/2016.” JST (Jurnal Sains Terapan) 1(2): 72–78.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i1.22312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia