PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL KIMIA SISWA

Dinda Aryuni Nurhananti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunarto Sunarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan spasial kimia siswa, serta menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi geometri molekul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas penelitian yang melibatkan 72 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test untuk menganalisis pengaruh penerapan cooperative learning tipe GI dan uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa pada sebelum dan sesudah adanya penerapan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa yang menerapkan cooperative learning tipe GI. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan spasial kimia siswa SMA pada materi geometri molekul.

Full Text:

PDF

References


Abidin, F. (2018). Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn. Basic Education, 7(23), 2-226.

Abraham, M., Varghese. V, & Tang H. 2010. “Using Molekular Representation to aid Student understanding of stereomical concepts”. Journal of Chemical Education, 87(12), 1425-1429.

Anshori, A. F. J., Priyasmika, R., & Purwanto, K. K. (2021). Hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 3(2), 102-107.

Bern, R.G. and Erickson, P.M., 2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. Career and Technical Educational Technology, 5(01), 1 - 9.

Carin & Sund. (1985). Teaching Science Through Discovery. Columbus: Merril Publishing Company.

Fik, T. J., & Mulligan, G. F. (1990). Spatial flows and competing central places: towards a general theory of hierarchical interaction. Environment and Planning A, 22(4), 527-549.

Habiba, N.I. (2008). Kajian Tentang Pemahaman Siswa dalam Meramalkan Bentuk Molekul Berdasarkan Teori Domain Elektron pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan

Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Harden, R.M. and Laidlaw, J.M. (2013) Be FAIR to Students: Four Principles That Lead to More Effective Learning. Medical Teacher, 35, 27-31.

Harle, M., & Towns, M. (2011). A review of spatial ability literature, its connection to chemistry, and implications for instruction. In Journal of Chemical Education (Vol. 88, Issue 3, pp. 351–360).

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Alfabeta

Maulidiawati, M., & Soeprodjo, S. (2014). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Pada Hasil Belajar. Chemistry In Education, 3(2).

Muna, I. A. (2017). Model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73-92.

Nisa, A., & Dwiningsih, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Geometri Molekul Menggunakan Mobile Virtual Reality (Mvr) untuk Meningkatkan Kemampuan Visuospasial. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 220-236.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Discovery Learning Tema Perkembangan Teknologi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1830-1837.

Purba, Michael. (2006). Kimia Untuk SMA Kelas XI. Bandung: Erlangga.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 751-758.

Safwan, S. B., Nasir, M., & Hanum, L. (2016). Hubungan Kemampuan Spasial dengan Kemampuan Konseptual dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kimia Dasar II (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNSYIAH Tahun Akademik 2015/2016). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4): 151-158.

Sartono, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 52-64).

Siregar, E., dan Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siswadi, G. A. (2022). Konsep Merdeka Belajar dalam Kurikulum Merdeka ditinjau dari Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Penguatan Karakter Pelajar Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning. USA.

Sofiyatul Asna, L., & Elfi Susanti, dan. (2014). Efektivitas Metode Pembelajaran Two Stay Twos Tray (Tsts) Menggunakan Media Lks Dilengkapi Molymod Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3 No. 1

Suhartono., & Indramawan, A. (2021). Group Investigation: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Sukarelawa, M. I., Indratno, T., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretestposttest. Yogyakarta: Suryacahya.

Supriadi, S., Wildan, W., Hakim, A., Savalas, L. R. T., & Haris, M. (2021). Model Mental dan Kemampuan Spasial Mahasiswa Tahun Pertama dan Ketiga Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 282–287.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i2.21696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia