PROFIL KECEMASAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TERHADAP PEMBELAJRAN KIMIA DI KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG
Heru Pratomo Aloysius, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan belajar kimia peserta didik kelas XI semester 1 terhadap pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan desain cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 453 peserta didik kelas XI di Kota dan Kabupaten Magelang sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan kategori penelitian ideal dan uji Man Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kecemasan belajar kimia pada kategori sedang, dan kecemasan belajar kimia peserta didik perempuan lebih tinggi daripada kecemasan belajar kimia peserta didik laki-laki. Hal ini dipertegas dengan Uji Man Whitney U yang menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan kecemasan belajar kimia antara peserta didik perempuan dan laki-laki.
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, S. (2021). Gender differences in the relationship between anxiety, self efficacy, and students learning outcomes on chemistry subject. Edusains, 13(1), 8-14. DOI: http:// doi.org/10.15408/es.v13i1.12991.
American Psychiatric Assosiation (5^th ed.). (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders fifth edition DSM-5.
Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Pustaka Belajar.
Cardellini, L. (2012). Chemistry: why the subject is difficult? / Química: ¿Por qué la disciplina es difícil? Educación Química, 1–6.
Hidayah, N., & Zanaton. (2018). Level of chemophobia and relationship with attitude towards chemistry among science students. Journal of Educational Sciences, 2(2), 52. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.52-65.
Jegede, S.A. (2007). Students anxiety towards the learning of chemistry in some Nigerian secondary schools. Educational Research and Review, 2(7), 193-197. www.academicjournals.org.
Khan, A., et al. (2020). Mediating effect of positive psychilogical strenght and study skills on examination anxiety among Nigerian college students. Sustainability. DOI: 10.3390/su12041479.
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). (2022). TOP 1000 sekolah tahun 2022 berdasarkan nilai UTBK. LTMPT. Diakses pada 1 Agustus 2022 dari https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/?Peringkat2022Search%5Brank_nas%5D=&Peringkat2022Search%5Bket%5D=&Peringkat2022Search%5Bnpsn%5D=&Peringkat2022Search%5Bnama_slta%5D=&Peringkat2022Search%5Bnilai_akhir%5D=&Peringkat2022Search%5Bprovinsi%5D=&Peringkat2022Search%5Bkab_kota%5D=Kab.%20magelang&Peringkat2022Search%5Bjanis_slta%5D=&page=6&per-page=100&sort=npsn.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Mitra Cendekia Offset.
Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA: Cilacap.
Nwafor, S. C., Eke, J. A., & Ibe, F. N. (2023). Correlation between test anxiety and students ’ chemistry achievement. 3(1), 31–40.
Pangestika, W. (2021). Pengaruh pendekatan inkuiri berkonteks socio-scientific issues terhadap kecemasan belajar kimia, keterampilan kolaborasi, dan literasi kimia pada materi asam basa. [Tesis, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402.
Setiadi, Y. (2018). Hubungan konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 119. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066
Quílez, J. (2019). A categorisation of the terminological sources of student difficulties when learning chemistry. Studies in Science Education, 55(2), 121–167. https://doi.org/10.1080/03057267.2019.1694792.
Wahid, S, N, S., Yusof, Y., dan Razak M. R. (2014). Math anxiety among students in higher education level. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 123, 232-237.
Yusna, N. (2021). Investigasi tingkat kecemasan mahasiswa sains dan pendidikan sains terhadap mata kuliah kimia dasar. Skripsi. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Zakiyah, Ibnu, S., & Subandi. (2018). Analisis dampak kesulitan siswa pada materi stoikiometri terhadap hasil belajar termokimia. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119–134.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i1.21582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia