VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENILAIAN GAYA BELAJAR SISWA
Cornelia Budimarwanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen gaya belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif untuk mengetahui validitas dan reliabilitas pada instrumen gaya belajar siswa setelah dilakukan validitas teoretis oleh expert judgement. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Bantul Yogyakarta dengan jumlah sampel 153 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket gaya belajar siswa yang terdiri dari 3 aspek dan 14 indikator yang tersebar dalam 25 item pernyataan. Instrumen ini diukur validitas dan reliabilitasnya. Validitas yang dilakukan adalah validitas teoretis dan validitas empiris. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas empiris dengan uji validitas konvergen dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha dengan nilai koefisien minimum yang diperoleh adalah 0,705. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat 17 item pernyataan yang dinyatakan valid. Instrumen angket gaya belajar siswa yang dikembangkan dapat diterima dan digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i1.21516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia