Kapabilitas Inovasi Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta (Studi Kasus Pelayanan Administrasi Kependudukan)

Redemptus Satrio Sekti Wicaksono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kurnia Nur Fitriana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kapabilitas inovasi pelayanan publik di Kota Yogyakarta dengan studi kasus pelayanan administrasi kependudukan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang berdampak terhadapnya. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada informan, observasi, serta studi terhadap dokumen dan literatur relevan yang diterbitkan lembaga atau instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya inovatif berupa keterbukaan terhadap ide atau inovasi baru melalui metode bottom-up, adanya sumbangsih pengetahuan di bidang teknologi informasi, hukum, dan sosiologi, serta komitmen para pemangku kepentingan untuk berinovasi berkontribusi terhadap kapabilitas inovasi dalam pelayanan Adminduk di Kota Yogyakarta. Namun, masih terdapat sejumlah aspek yang membuat kapabilitas inovasinya belum optimal, seperti terbatasnya kolaborasi dengan pemangku kepentingan eksternal, belum adanya penetapan desain kerja yang sesuai dengan struktur organisasi yang berlaku saat ini, dan terbatasnya anggaran untuk berinovasi.

Full Text:

PDF

References


Riyadi, “Reformasi Birokrasi dalam Perspektif Perilaku Administrasi,” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Prakter Administrasi, vol. 5, no. 1, 2019.

S. Zauhar, Reformasi Administrasi: Konsep, Dimensi, dan Strategi, Bumi Aksara, 2012.

I. D. Heruyanto, “Mengenal Maladministrasi,” Ombudsman, 2021.

Intan, “Kenali Manfaat dan Pentingnya Tertib Administrasi Kependudukan,” Disdukcapil Kota Surabaya, 2023.

Ditjen Dukcapil Kota Yogyakarta, “Prof Zudan: Dukcapil Bukan Pelayanan Dasar tapi Dasar Semua Pelayanan,” Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, 2021.

S. N. Hapzah, B. Rianto dan M. H. Tamrin, “Tata Kelola Inovasi Pelayanan Publik: Dimensi Kelembagaan, Aktor Kebijakan dan Masyarakat,” Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik, vol. 5, no. 2, pp. 153-164, 2020.

R. M. Yanuar, “Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan),” Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol. 4, no. 1, pp. 1-20, 2019.

Mahpudin, “Inovasi Pelayanan Publik: Pengalaman dari Kota Cilegon, Indonesia,” Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, vol. 6, no. 2, pp. 107-117, 2022.

S. Melo, L. D. Waele dan T. Polzer, “The Role of Post-New Public Management in Shaping Innovation: The Case of a Public Hospital,” International Review of Administrative Sciences, vol. 88, no. 4, pp. 1032-1049, 2020.

H. Prabowo, D. Suwanda dan W. Syafri, Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik, Remaja Rosdakarya, 2022.

Y. Emery, A. Rousseau, P. Valoggia dan S. M. Nielsen, “Toward Innovative Public Services: A Framework for the Development of the Innovation Capability of European Public Administrations,” 2016.

L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Remaja Rosdakarya, 2021.

Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta, “Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2023,” 2023.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, 2005.

S. Hadi, Metodologi Research: Jilid 3, Penerbit ANDI, 2000.

Samsu, Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development, PUSAKA, 2017.

J. C. Creswell, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Pustaka Belajar, 2016.

R. Ahmadi, Metode Penelitian Kualitatif, Ar-Ruzz Media, 2014.

M. B. Miles dan A. M. Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, UI Press, 2007.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i6.22950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress