Inovasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Sleman Secara Daring

Annisa Siwi Raharjanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marita Ahdiyana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi Dukcapil Online di Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman serta faktor pendorong dan penghambat inovasi tersebut. Dukcapil Online merupakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara daring. Inovasi Dukcapil Online memungkinkan masyarakat untuk mengajukan dokumen kependudukan secara daring tanpa harus datang dan antri di Dukcapil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teori inovasi pelayanan oleh Everett M. Roger yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas. Inovasi Dukcapil Online di Dukcapil Sleman berperan penting dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan reponsivitas Dukcapil terhadap kebutuhan masyarakat. Sejauh ini Dukcapil Online telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan Dukcapil Sleman. Namun, terdapat beberapa kendala yang terjadi berupa kendala jaringan dan perbaikan sistem sehingga beberapa layanan tidak dapat diakses. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan pemahaman dan minat terhadap inovasi Dukcapil Online di Kabupaten Sleman serta menjadi bahan evaluasi bagi Dukcapil Sleman untuk pengembangan Inovasi Dukcapil Online

Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah. Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan

Implementasinya, cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media, 2018.

H. Prabowo, D. Suwanda, & W. Syafri, “Inovasi Pelayanan pada Organisasi

Publik,” Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan

Administrasi Pelayanan Publik, vol. 26, no. 1, 2022, doi:

https://doi.org/10.31845/jwk.v26i1.823

https://nasional.kompas.com/read/2021/09/27/06053771/dukcapil-sebutmasih-banyak-warga-usia-27-30-tahun-belum-punya-e-ktp, diakses pada

Desember 2023.

Menteri Dalam Negeri Indonesia. (2018). Instruksi Menteri Dalam Negeri

Republik Indonesia Nomor 470/837/SJ, tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman (2020) Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman 2020.

Jumlah penduduk 2022 (slemankab.co.id)

https://slemankab.bps.go.id/indicator/30/101/1/jumlah-penderita-cacatberdasarkan-jenisnya-menurut-kecamatan.html, diakses pada November 2023.

https://dukcapil.slemankab.go.id/wajib-diumumkan-berkala, diakses Januari

https://dukcapil.slemankab.go.id/#values, diakses pada Juni 2024.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman (2023) Laporan

Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman 2023.

A. putri, “Tipologi Inovasi Layanan Perizinan Di Badan playanan Perizinan

Terpadu Kabupaten Sidoarjo” Jurnal Kebijakan dan Majanemen Publik, vol. 5,

no. 1, pp. 1-11, 2019.

L. Ellitian, & L. Anata, Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Organisasi

Kelas Dunia, Cetakan 1. Bandung: Alfabeta, 2009.

I, Noor. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Universitas Brawijaya

Press, 2013.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i6.22565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress