EFEKTIVITAS APLIKASI NEW SAKPOLE DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PURWOREJO

Saiful Akim, Universitas Negeri Yogyakarta
Argo Pambudi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi NEW SAKPOLE dalam upaya peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Purworejo serta mengetahui kendala dalam  upaya peningkatan pelayanan publik tersebut. Aplikasi NEW SAKPOLE merupakan pelayanan publik digital berbasis android guna pelayanan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pelayanan aplikasi NEW SAKPOLE dalam upaya peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Purworejo belum efektif dan efisien dalam meningkatkan produksi pelayanan dan kepuasan masyarakat. Dalam adaptasi dan pengembangan sarana dan prasarana telah berjalan efektif. Pelayanan aplikasi NEW SAKPOLE justru menurunkan aspek layanan dengan harus menambah tahapan pelayanan. . Terdapat tiga faktor yang menjadi kendala dalam upaya peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi NEW SAKPOLE, antara lain permasalahan pada aplikasi NEW SAKPOLE, sumber daya manusia yang belum aktif berpatisipasi menggunakan layanan, dan fasilitas pendukung yang belum lengkap. Sehingga, belum efektifnya upaya peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi NEW SAKPOLE di Kabupaten Purworejo.

Full Text:

PDF

References


Agus, H. (2017). Kebijakan Birokrasi dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: CIpulis.

Agustina, M. (2019). Analisis Efektivitas SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) (SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online)( Studi Kasus Samsat Semarang. In Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Issue 2).

Gibson, James L., John M. Ivancevich dan James H. Donnelly, J. (1996). Organisasi Perilaku Struktur Proses (Edisi Keli). Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lukman, S. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Moeloeng, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Savitri, F., Hartono, setyo budi, Suryorini, A., & Nafisatuliza, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi SAKPOLE dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Ilmu Sosial, 1(8), 811–824.

Sinambela, & Dkk. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang, S. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Usmani, L. F., & Rahma, A. Z. (2020). Survei Kualitas Layanan Aplikasi SAKPOLE Jawa Tengah di Kota Semarang. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Yusuf, R. M. S., & Jumhur, H. M. (2018). Penerapan E-government Dalam Membangun Smart City Pada Kota Bandung Tahun 2018. EProceedings of Management, 5(3), 3126–3130. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/7794




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress