PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIK TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI KASUS PADA PELANGGAN DI AMBARUKMO PLAZA YOGYAKARTA)
Agung Utama,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai belanja hedonik terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying, (2) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap emosi positif, (3) Emosi positif berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying, dan (4) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi.
Kata kunci: Nilai Belanja Hedonik, Impulse Buying, Emosi Positif
Full Text:
PDFReferences
Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., and Tohid, A. (2012). Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 2(9), pp. 9413-9419.
Andriyanto, D.S., Suyadi, I., dan Fanani, D. 2016. Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying (Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 31 No. 1.
Batra, R., dan Ahtola, O.L. 1991. Measuring the Hedonic and Utilitarian Sourcesof Consumer Attitudes. Marketing Letters, 2 (2), 159-170.
Divianto. 2013. Pengaruh Faktor-Faktor In-Store Promotion terhadap Impulse Buying Decision pada Konsumen Hypermart PIM. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Vol.3 No.1.hlm. 94-104.
Foroughi, Amir., Nor Aishah Buang., Zizah Che Senik., and Reihanehsadat Hajmisadeghi. 2013. Impulse Buying Behavior and Moderating Role of Gender among Iranian Shoppers. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 3(4): 760-769.
Gutierrez, Ben Paul B. 2004. Determinants of Planned and Impulse Buying: The Case of the Philippines.Asia Pacific Management Review,Vol. 9(6), P. 1061-1078
Hausman, Angela. 2000. A Multi- method Investigation of Consumers in Impulse Buying Behavior. Journal of Consumer Marketing, Vol. 17 Iss: 5 pp. 403- 426.
Hetharie, Jondry Adrin. 2012. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Depatement Store Kota Ambon. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 10 No 4
Irani, Neda. 2011. “The Effects of Variety-seeking Buying Tendency and Price Sensitivity on Utilitarian and Hedonic Value in Apparel Shopping Satisfaction”. International Journal of Marketing Studies. Vol.3 : hal 89-103.
Japarianto, E., dan Sugiharto S. 2011. Pengaruh Shopping Life Style dan fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 6, No. 1, April: pp 32-41.
Kim, H.S. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivations to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research, 13 (1), 2006, 57-79.
Kosyu, D.A., Hidayat, K. dan Abdillah,Y. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 14 No. 2.
Lisda Rahmasari. 2010. Menciptakan Impulse Buying. Majalah Ilmiah Informatika. Vol. 1 No.3. hlm.56-68.
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel.Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Marie.C. Tahalele dan Victor. R.Pattipeilohy. 2014. Pengaruh Konsumsi Hedonis dan Emosi Positif terhadap Perilaku Pembelian Impulse pada Swalayan Alfa di Kota Ambon. Bencmark.Vol. 2 No.3
Mowen, Jonh C & Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1. Alih Bahasa: Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Park, Eun Joo., Eun Young Kim., and Judith Cardona Forney. 2006. A Structural Model of Fashion-oriented Impulse Buying Behavior.Journal of Fashion Marketing and Management.Vol. 10 No.4: 433-446.
Prastia, F.E. 2013 yang berjudul “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan HedonicShoppingValue terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol.2, No.4.
Rachmawati, Veronika. 2009. Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, Dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Jurnal Majalah Ekonomi. hal. 192-208.
Rohman, Fatchur. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian di Butik Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. 7(2): 251-261.
Rook, D.W. & Fisher, R.J. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying. Journal of Consumer Research. Vol.22.hlm. 305-313.
Semuel, Hatane. 2005. Respon Lingkungan Belanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol.7, No. 2, hal. 152-170.
Sullivan, Gia j., Dr. Iris B. Mauss. 2008. Got To Have It: The Effects of Stress and Automatic Regulation of Stress on Impulse Buying. Journal of Personality and Social Psychology, p. 1-49
Triwulan I dan Future Spot Triwulan II Tahun 2007). Tesis. Semarang: PPS Diponegoro.
Faisal, M.. (2001). Manajemen Keuangan Internasional. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Undip.
Hady, Hamdy. (2009). Ekonomi Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Madura, Jeff. (2006). International Corporate Financial. Edisi ke 8. Jakarta: Salemba Empat.
Samuelson, P.A. dan Nordhaus, W.D.. (1985). Economics. Edisi ke 12. New York: Mc Graw Hill.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman. (2004). Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sutapa, I Nengah Andri dan Artini, Luh Gede Sri. (2013). Prediksi Kurs Spot dan Kurs Forward terhadap Kurs Future Spot sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Hedging pada PT. S. C. Enterprises di Kuta Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 02 No. 01.
Yanthi, I Gusti Ayu Kade Diana dan Artini, Luh Gede Sri. (2013). Pengaruh Kurs Spot dan Kurs Forward dalam Memprediksi Future Spot pada Pasar Valas Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol. 7, 76 No. 2
Refbacks
- There are currently no refbacks.