PENGARUH KOMUNITAS MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS MEREK JKT48 DI INDONESIA)

Adhiza Atmaja,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh komunitas merek, kepercayaan merek, dan kesadaran merek secara parsial dan simultan terhadap loyalitas merek pada komunitas Real JKTStation. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas Real JKT Station. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunitas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek komunitas Real JKTStation, (2) kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek komunitas Real JKTStation, (3) kesadaran merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek komunitas Real JKTStation, dan (4) komunitas merek, kepercayaan merek dan kesadaran merek secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas merek komunitas Real JKT Station.

 

Kata kunci: Komunitas Merek, Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek, dan Loyalitas Merek

 

Abstract

This study aimed to determined the effect of brand community, brand trust, and brand awareness both partially and simultaneously to brand loyalty on Real JKTStation brand community. This type of research was a survey. The population in this study were all the member of Real JKTStation brand community. The sampling technique used purposive sampling method with a sample size of 140 people. The technique of collecting data used questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique was regression. The results showed that: (1) brand community variable has a positive effect on brand loyalty of Real JKTStation brand community, (2) brand trust variable has a positive effect on brand loyalty of Real JKTStation brand community, (3) brand awareness variable has a positive effect to brand loyalty of Real JKTStation brand community, and (4) brand community, brand trust and brand awareness simultaneously has an influence towards brand loyalty of Real JKT Station brand community

 

Keywords: Brand Community, Brand Trust, Brand Awareness, and Brand Loyalty


Full Text:

PDF

References


Delgado-Ballester, Elena, Munuera-Aleman, dan Jose Luis (2007). European Journal of Marketing; 35, 11/12; ProQuest Hlm. 1238

Durianto, D., Sugianto, dan L. J. Budiman. (2004). Brand Equity Ten Stategi Memimpin Pasar.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ilmiyati,Insani. “Pengaruh kepercayaan merek (brand trust) dan kesadaran merek (brand awareness) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada produk Pond’s”.Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Hlm. 1-18.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Manajemen. 11th ed. New Jersey: Pearson Education.

Kusuma, Fajar Martha (2010).“Analisis Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek pada Pengguna Honda Megapro di Surakarta.”Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Muniz, A.M. Jr. dan T.C. O’Guinn.(2001). “Brand Community”, Journal of Consumer Research, 27(4).Hlm. 412-432.

Pudyastomo, Yulius Andri. (2011). “Pengaruh Keterlibatan Konsumen dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty.”Skripsi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.Yogyakarta.

Ramadhania, Primi Puspita dan Nanang Suryadi.(2011). “Kajian tentang Pengaruh Brand Community Integration pada Loyalitas Merek Anggota IM3 @ School Community di SMAN 8 Malang.”Jurnal Aplikasi Manajemen (Volume 9, Nomor 1). Hlm 226 – 233.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie L. (2004).Consumer Behaviour (8th ed). New Jersey: Printice Hall.

Tiady, Nopa (2014). “Pengaruh Brand Community dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Klub Tiger Association Bandung).”Skripsi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.