PENGARUH CITRA MEREK, MEDIA IKLAN INSTAGRAM, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VANS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID. (2) Pengaruh media iklan Instagram terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID. (3) Pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID. (4) Pengaruh citra merek, media iklan Instagram dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Twitter @VHeadID. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID (β) 0,260 dan tingkat signifikansinya 0,015. (2) Media iklan Instagram berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID sebesar (β) 0,590 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID sebesar (β) 0,547 dan tingkat signifikansinya 0,000. (4) Citra merek, media iklan Instagram dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers @VHeadID dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), dan besarnya ∆R2 citra merek, media iklan Instagram, dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian produk Vans pada followers Twitter @VHeadID adalah sebesar 0,458.
Kata kunci: Citra Merek, Media Iklan Instagram, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian
Abstract
This study aims to determined: (1) the effect of brand image on product buying decisions Vans on @VHeadID Twitter followers. (2) The effect of advertising media Instagram on product buying decisions Vans on @VHeadID Twitter followers. (3) The effect of perceived quality on product buying decisions Vans on @VHeadID Twitter followers. (4) The effect of brand image, advertising media Instagram and perception of quality on product buying decisions Vans on @VHeadID Twitter followers. This research was classified as descriptive quantitative research, where the research instrument in the form of a questionnaire. The population in this study is @VHeadID Twitter followers. The sampling technique was purposive sampling method with a 145 respondents. The technique of collecting data using questionnaires that have been tested for validity and reliability. Multiple regression analysis used to test hypotheses of this study. The study found that: (1) the brand image had positive effect on buying decisions on Vans to @VHeadID Twitter followers of (β) 0,260 and 0,015 significance level. (2) Instagram advertising media had positive effect on buying decisions on products Vans to @VHeadID Twitter followers of (β) 0.590 and the significance level of 0,000. (3) Perceived quality had positive effect on buying decisions of Vans on @VHeadID Twitter followers of (β) 0.547 and the significance level of 0,000. (4) The image of the brand, advertising media Instagram and perceived quality simultaneous positive influence on buying decisions on Vans to @VHeadID Twitter followers with a significance level of 0.000, less than 0.05 (p <0.05), and the ∆R2 of brand image, advertising media Instagram, and perceived quality on product buying decisions of Vans on Twitter followers @VHeadID amounted to 0.458.
Keywords: brand image, Instagram advertising media, perceived quality, buying decision
Full Text:
PDFReferences
Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 3 (3), 221-233.
Angeles, S. (2014). 10 Ways to Get the Most Out of Instagram Marketing. Diakses tanggal 26 Juni dari http://www.businessnewsdaily.com/5755-instagram-marketing-tips.html
Bhaskoro, A. (2013). Laporan Akhir Tahun SumAll: Instagram Sebagai Media Sosial Paling Efektif Dalam Memacu Bisnis. Diakses tanggal 5 Juli 2015 dari http://dailysocial.net/post/laporan-akhir-tahun-sumall-instagram-sebagai-media-sosial-paling-efektif-dalam-memacu-bisnis
Damerianta, Sahni. (2009). Pengaruh Penerapan Periklanan di Internet dan Pemasaran elalui e-mail Terhadap Pemrosesan Informasi dan Keputusan Pembelian Oleh Konsumen. STMIK Jakarta.
Frommer, D. (2010). Here's How To Use Instagram. Diakses tanggal 5 Juli 2015 dari http://www.businessinsider.co.id/instagram-2010-11
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, J. (1994). Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses. (Terjemahan Joerban Wahid). Jakarta: Erlangga.
Marion aan’t Goor. (2012). A Content Analysis into Marketing on Instagram. Universiteit van Amsterdam.
Hestya, Rindu P. (2013). Instagram 'Penguasa Bisnis' di Media Sosial. Diakses dari http://www.tempo.co/read/news/2013/12/10/072536145/Instagram-Penguasa-Bisnis-di-Media-Sosial
Hoeffler, Steve., Keller, Kevin Lane. (2003). The Marketing Advantages of Strong Brands. Brand Management, Vol. 10, No.6.
Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2011). Marketing Management 14th Edition. United States of America: Pearson.
M. Dimyati Mahmud. (1990). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE.
McCarthy, E.J. (1985). Dasar-Dasar Pemasaran. Diterjemahkan oleh: Hutauruk, G. Jakarta: Erlangga.
Mochamad Ridzky Arwiedya. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia). Universitas Diponegoro.
Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permanasari, Diah Ayu. (2013). Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Produk Honda Jazz pada Honda Tegal Raya). Universitas Negeri Semarang.
Perreault, Jr., McCarthy, E. Jerome. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Empat.
Ratcliff, C. (2014). How Vans uses social media: Instagram, Vine, Google+ and Twitter. Diakses tanggal 26 Juni 2015 dari https://econsultancy.com/blog/64624-how-vans-uses-social-media-instagram-vine-google-and-twitter/
Sanjaya, Prama Jaka. (2015). Pengaruh Promosi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Vans di Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Shimp, A Terance. (2000). Promosi dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suherman, Pratama. (2011). Analisis Pengaruh Efektifitas Iklan Internet dan Kelompok Referensi Terhadap Persepsi Kualitas dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Produk Blackberry. UIN Jakarta.
Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Wibowo, Setyo Ferry, Maya Puspita Karimah. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 3, No. 1, 2012.
Widiartanto, Y. (2012). Facebook Gelontorkan USD1 Miliar untuk Caplok Instagram. Diakses tanggal 26 Juni 2015 dari http://techno.okezone.com/read/2012/04/10/325/608587/facebook-gelontorkan-usd1-miliar-untuk-caplok-instagram/
Wiratama, Aditya Yoga, & Khasanah, I. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.
Zeithaml, Valerie A. (1998). Consumer Perseptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, Vol. 52, 2-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.