PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA ONLINE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FE UNY)

Daffiq Afkari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui Instagram pada mahasiswa Jurusan Manajemen, UNY. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang pernah membeli produk fashion melalui Instagram di Jurusan Manajemen, UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 135 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) atribut produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui Instagram di Jurusan Manajemen, UNY; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui Instagram di Jurusan Manajemen, UNY; dan (3) atribut produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui Instagram di Jurusan Manajemen, UNY.

 

Kata kunci: Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

 

Abstract

This study aims to determine the effect influence of product attributes and service quality partially and simultaneously toward purchase decision of fashion products through Instagram in program study of Management, YSU. This type of research is a survey. The population in this study were all students who have ever buy fashion products through Instagram in program study of Management, YSU. The sampling technique using purposive sampling method with a sample size of 135 people. The technique of collecting data using questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data analysis technique is multiple regression. The results showed that: (1) product attributes has a positive effect towards purchase decision of fashion products through Instagram in program study of Management, YSU; (2) service quality has a positive effect towards purchase decision of fashion products through Instagram in program study of Management, YSU; and (3) product attributes and service quality simultaneously has a positive effect towards purchase decision of fashion products through Instagram in program study of Management, YSU.

 

Keywords: Product Attributes, Service Quality, Purchase Decision



Full Text:

PDF

References


Arifiana, Windya Eka. Srikandi Kumadji dan Dahlan Fanani. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso). Jurnal Ilmu Administrasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gitosudarmo, Indriyo. (1994). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Indriyanti. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Togamas Jl. Dr. Moewardi 21 Solo. Skripsi. Solo: Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, Nova Dhita. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Pamujo, Novian Yuga. (2011). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise (Studi pada Kedai Digital 7 di Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ratminto dan Atik Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Makmun. (2008). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan Dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek (Studi Kasus Pada Iklan Ponds Di Kota Semarang). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tjiptono, Fandi. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi II Cetakan Ketiga. Yogyakarta : Andi Offset.

Widowati, Maduretno dan Agus Budi Purwanto. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Visual Merchandising Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Minimarket Alfamart Di Kota Semarang). Jurnal Fokus Ekonomi. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.