PENGARUH CITRA MEREK, FITUR, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY)

Hutami Permita Sari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, (2) pengaruh fitur terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, (3) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, dan (4) pengaruh citra merek, fitur, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan atau yang pernah membeli smartphone Xiaomi di DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (2) Fitur berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (3) Persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan (4) Citra merek, fitur, dan persepsi harga secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Citra Merek, Fitur, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

 

Abstract

The objectives of the research were to describes: (1) the influence of brand image on buying decision Xiaomi smartphone, (2) the influence of feature on buying decision Xiaomi smartphone, (3) the influence of price perception on buying decision Xiaomi smartphone, and (4) the influence of brand image, feature, and price perception on buying decision Xiaomi smartphone. This survey research was quantitative research. Population of this research was the consumers who already used Xiaomi smartphone or those who have ever bought it in DIY. The sampling technique used purposive sampling, in order to obtain a total sample of 150 people. The technique of collecting data used questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data analysis technique used is multiple regressions. The results of the research showed that: (1) brand image has a positive effect on buying decision, (2) feature has a positive effect on buying decision, (3) price perception has a positive effect on buying decision, and (4) brand image, feature and price perception has a positive effect simultaneously on buying decision

 

Keywords: brand image, feature, price perception, buying decision


Full Text:

PDF

References


Custer, Charlie. (2015). Bagaimana penjualan iPhone di China kalah dari Xiaomi, dan mengapa produk terbaru iPhone tidak akan membantu. Diakses pada tanggal 15 September 2015 dari https://id.techinasia.com/bagaimana-penjualan-iphone-di-china-kalah-dari-xiaomi-dan-mengapa-produk-terbaru-iphone-tidak-akan-membantu.

Fakhri, Ulwan, Noviadhista. (2016). Brand 'HP Cina' apa yang paling laku sepanjang 2015. Diakses tanggal 02 April 2016 dari http://www.techno.id/tech-news/brand-hp-cina-apa-yang-paling-laku-sepanjang-2015-160120z.html.

Ferrinadewi, Erna. (2003). Market dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Joseph, F. et al (2010). Multivariate Data Analysis, 7th ed. Prentice Hall.

Hamidah, Siti. (2013). "Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia)", Jurnal Ekonomi, Volume 21 Nomor 4, Desember 2013.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua belas. PT Indeks.

Laheba Yitzhak Armando, dkk. Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA. Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal. 99-108.

Oktaviany, Restiana. (2009). Pengaruh Media Advertising, Brand Image, dan Customer Reference Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Laptop Merek Acer (Studi Kasus Pada Pengguna Acer di Kedai Kopi RKB Perumahan Sawojajar Malang).

Panji, Aditya. (2015). Indonesia akan Kebanjiran 29,7 Juta Unit Ponsel Pintar. Diakses tanggal 20 Juni 2015 dari http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150128142318-185-27957/indonesia-akan-kebanjiran-297-juta-unit-ponsel-pintar.

_____. (2014). Pendatang Baru dengan Fitur Seru. Diakses tanggal 20 Juni 2015 dari http://www.koranjakarta.com/?pg=berita_detail&berita_id=21007&menu_id=61.

Pradana, Dimas Aditya. “Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Sony Xperia (studi pada mahasiswa konsumen pengguna ponsel android merek Sony Xperia di Kota Malang)”. Jurnal Tidak Dipublikasikan.

Ratnasari, Maria Dewi. (2014). “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Blackberry (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang)”. Jurnal Sosial dan Politik. Hal 1-6

Ruslim, Archi C. (2015). “Pengaruh Iklan, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Telepon Genggam Asus”. Jurnal EMBA. Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.393-401

Simamora, Bilson. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Bilson. (2002). Aura Merek (Tujuh Langkah Membangun Merek Yang Kuat). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soeratno, Agus. (2015). Lima Kelebihan Hp Xiaomi Yang Perlu Di Ketahui. Diakses tanggal 28 Juli 2015 dari https://www.detekno.com/kelebihan-hp-xiaomi.

Yessika, Aditya Alana (2013). et al. Pengaruh Citra Merek, Desain, dan Fitur Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.