PENGARUH KREATIVITAS IKLAN, UNSUR HUMOR, DAN KUALITAS PESAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI AQUA “VERSI ADA AQUA”

Enricho Prasetya Adi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas iklan, unsur humor, dan kualitas pesan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa iklan televisi AMDK merek Aqua di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kreatifitas iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua, (2) terdapat pengaruh positif unsur humor terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua, (3) Terdapat pengaruh positif kualitas pesan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua, dan (4) terdapat pengaruh kreativitas iklan, unsur humor, dan kualitas pesan iklan secara simultan terhadap efektivitas iklan televisi Aqua versi Ada Aqua.

 

Kata kunci: Kreativitas Iklan, Unsur Humor, Kualitas Pesan Iklan Efektivitas Iklan

 

Abstract

This study aims to determine the effect of advertising creativity, humor, and the quality of advertising messages on television advertising effectiveness There Aqua Aqua version. This study is a survey research. The population in this study were all viewers of television advertising Aqua brand of bottled water in the city of Yogyakarta. The sampling technique used purposive sampling, with a sample of 200 people. The technique of collecting data using questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data analysis techniques with regression. The results showed that: (1) there is positive creativity of advertising on the effectiveness of television advertising Aqua version There are Aqua, (2) there is positive element of humor to the effectiveness of television advertising Aqua version There are Aqua, (3) There is a positive influence on the quality of advertising messages on effectiveness There is a version of the television ad Aqua Aqua, and (4) there is the influence of advertising creativity, humor, and the quality of the advertising message simultaneously to television advertising effectiveness There Aqua Aqua version.

 

Keywords: Advertising Creativity, Elements Humor, Quality of Message, Advertising Effectiveness

 


Full Text:

PDF

References


Management (Manajemen. Hubungan Pelanggan). Bayumedia. Jakarta. Desrina

Durianto, D. dan C. Liana. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11 (1): 35-55.

Eka, Anindya. (2010). Pengaruh Efektivitas Iklan, Sikap Dan Keyakinan Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Blackberry. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jawa Timur: UPN Veteran.

Handoko, Rudolph Setiaji. (2006). Analisis Pengaruh Kredibilitas Endorser Dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Yang Memengaruhi Sikap Terhadap Merek (Studi Kasus Iklan Televisi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang). Tesis Tidak Diterbitkan. Semarang: PPS UNDIP.

Kennedy, J .E. dan Soemanagara, R. Dermawan. (2009). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jakarta: Airlangga.

Kotler, Philip dan AB. Susanto. (2003). Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index.

Lee, Monle dan Johnson Carla. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Prenada Media. Jakarta.

Riansyah. (2012). Efektivitas Penggunaan Humor Pada Iklan (Studi Korelasional Mengenai Efektivitas Penggunaan Humor Pada Iklan Kartu As Versi “Sule, Ozo dan Widy di Dalam Kereta Api” dalam Membentuk Brand Image Produk Di Kalangan Siswa/Siswi SMA Mardi Lestari Medan. Jurnal Komunikasi.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Erlangga: Jakarta.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Market Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wikepedia Encyclopedia.

Wasesa, Silih Agung. 2013. Aqua Mulai Kehilangan Brand Sense yang Berkaitan dengan Kekuatan Produknya. Artikel Club Aqua Edisi 28 Januari 2013.

Wisal Ahmad dan Zahid Mahmood. (2010). An Empirical Investigation of The Association between Creative and Advertising Effectivities in Pakistan. International journal of Marketing Studies Vol. 3, No. 2; May 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.