PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Minuman Isotonik Merek Mizone)

Rani Oktaviani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas merek minuman isotonik merek Mizone, (2) pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek minuman isotonik merek Mizone, (3) pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek minuman isotonik merek Mizone, dan (4) pengaruh kualitas produk, kepercayaan merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek minuman isotonik merek Mizone. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah Mahasiswa yang pernah membeli minuman isotonik merek Mizone lebih dari dua kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 150 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen secara parsial dengan uji t ataupun secara simultan dengan uji F menunjukkan nilai yang positif terhadap loyalitas merek.

 

Kata kunci: Kualitas Produk; Kepercayaan Merek; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Merek

 

Abstract

The purpose of research was to find the influence: (1) product quality toward brand loyalty of isotonic drinks brand Mizone, (2) brand trust toward brand loyalty of isotonic drinks brand Mizone, (3) customer satisfaction toward brand loyalty isotonic drinks brand Mizone, and (4) product quality, brand trust, and customer satisfaction toward brand loyalty isotonic drinks brand Mizone. The research was conducted based on survey. Population of the research were students of Sport Science Faculty Yogyakarta State University. Sample were used students who have bought isotonic drinks brand Mizone more than twice. Purposive sampling was used as a sampling method with the total sample of 150 students. Data was collected through questionnaire which validity by Confirmatory Factor Analysis (CFA) and reliability by Cronbach Alpha were already verified. Multiple regression was used as analysis technique. The result showed that variable product quality, brand trust, and customer satisfaction have positive value which were partial by t test and simultaneous by F test toward brand loyalty.

 

Keywords: Product Quality; Brand Trust; Customer Satisfaction; Brand Loyalty


Full Text:

PDF

References


Ahmed Zohaib et al. (2014). Effect of brand trust and customer satisfaction on brand loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research ISSN 1948-5468 2014, Vol. 5, No. 1.

Bastian, Danny Alexander. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Universitas Kristen Petra Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9.

Budiman, Dicky, Hastuti Naibaho & Amelia. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Merek Starbuck di Surabaya. Universitas Pelita Harapan Surabaya. Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2 No. 1, Juni 2013.

Edris, Mochamad. (2009). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Deterjen Merek Rinso di Kabupaten Kudus). Jurnal Analisis Manajemen. Universitas Muria Kudus. ISSN : 1979 –6889.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 edisi kelima, Semarang:Universitas Diponegoro.

Johanes, Markus & Sanjaya, Marta. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Nescafe Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Penjualan Nescafe di 7-Eleven Karang Tengah) Periode Maret-April 2013. Jurusan Marketing Communication. Bina Nusantara University. Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas, Jakarta: Erlangga.

______ dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

______. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks.

Larasati, Veronica, Ronald Suryaputra & Amelia Monica. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Coffee Toffee Jatim Expo di Surabaya. Universitas Pelita Harapan Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2 No. 2, Desember 2013

Lau, Geok Then & Sook Han Lee. (1999). Customer’s Trust in a Brand and the Link to Loyalty. Journal of Market Focussed Management.

Mowen, John C. dan Minor Michael. (2002). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa:Dwi Kartini Yahya. Jilid kedua. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2002). The Power of Brand (Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Bisnis. Bandung : Alfabeta.

_______.(2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Pemasaran Jasa. Malang : Bayu Media Publishing.

Aqua.com/produk/Mizone. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2015, jam 10.15 WIB

Ebookpangan.com. Diakses pada tanggal 22 Juli 2015, jam 20:15 WIB.

Food.detik.com. Diakses dari: http://food.detik.com/read/2006/12/14/104812/720025/294/Mizone-aman-dikonsumsi. Pada tanggal 30 Juni 2015, jam 01:45 WIB.

Food Review Indonesia.com. Diakses dari:http://phariyadi.staff.ipb.ac.id/2014/08/06/revamping-beverage-industry-foodreview-indonesia-fri-ix08-2014/. Pada tanggal 03 Mei 2015, jam 5:35 WIB.

Lagizi.com. Diakses pada tanggal 08 Mei 2015, jam 15:45 WIB.

Mizone.com. Diakses pada tanggal 08 April 2015, jam 16:30 WIB.

News.detik.com.com. Diakses dari:

http://news.detik.com/berita/716866/Mizone-ditarik-dari-pasaran-label-diganti. Diakses pada tanggal 30 Juni 2015, jam 01:50 WIB.

Suaramerdeka.com. Diakses pada tanggal 9 September 2015 jam 15.00 WIB.

Suarapembaca.detik.com.Diakses dari:http://suarapembaca.detik.com/read/2010/04/29/123946/1347750/283/rasa-minuman-Mizone-tidak-normal pada tanggal 24 Juni 2015 jam 20:17WIB.

Top Brand Index Produk Minuman Isotonik Tahun 2014–2015. http://www.topbrandaward.com. Pada tanggal 22 Juli 2015, jam 20:00WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.