PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PAMELLA TUJUH SWALAYAN YOGYAKARTA)

Thoha Mansur,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi menggunakan seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian di Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta (t hitung = 5,948; signifikansi 0,000<0,05; dan β = 0,300); (2) terdapat pengaruh positif persepsi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta (t hitung = 6,593; signifikansi 0,000<0,05; dan β = 0,507; dan (3) terdapat pengaruh positif store atmosphere dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta (F hitung = 55,421 dan signifikansi = 0,000<0,05).

 

Kata kunci: Store Atmosphere, Persepsi Harga, dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Amir, Faishol. (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 8, Agustus 2015.

Assael, H. 2001. Consumer Behavior and Marketing Action. Boston: Kent Publishing.

Berman, Barry and Joel R. Evans. 2001. Retail management: A Strategic Approach, Prentice Hall. NJ.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

Meldarianda, Resti., Lisan, H.S. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Café Atmosphere Bandung, Vol17 (2), Hal 97-108.

Monintja, Reimond Yohanes & Silvya Mandey, Agus Supandi Soegoto. 2015. Analisis Merek, Promosi, dan Harga, Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Gelael Swalayan Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.4 Desember 2015, Hal. 279-289.

Nurmawati, Endang (2012). Pengaruh Store Athmosphere terhadap keputusan Pembelian Konsumen Mulia Toserba dan Swalayan godean Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Simamora, Henry. 2002. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiharti, Mahmudah. (2014). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Surya Pusat Ponorogo. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Suhartanto, Dwi dan Nuralia, Ane. (2001). Citra Supermarket: Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Kajian Bisnis. No.23, Mei-Agustus 2001. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get. VHI): Liberty Yogyakarta.

Utami, Christina Widya. 2006. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Wicaksono, Adityas Agung. 2012. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rumahku Art Cafe di Magelang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wijaya, Christian Hadi. 2009. Pengaruh Store Image, Store Atmospherics, dan Store Theatrics terhadap Purchase Intention Pada The Body Shop Galaxy Mall Surabaya. Jurnal. urusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Yuliandi, Beli dan Nofiawati. (2014). Pengaruh Store Athmosphere terhadap Keputusan pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Universitas Sriwijaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.